Tuesday, April 13, 2010

Program Penghijauan One Man One Tree

Untuk mengimplementasikan Amanat Keppres dimaksud Pemerintah Kota Singkawang berencana melaksanakan program "One Man One Tree".

"Program One Man One Tree adalah suatu program yang melibatkan seluruh masyarakat Indoensia khususnya di Singkawang dengan tujuan agar masyarakat mempunyai kesadaran secara terus menerus menanam pohon dan melestarikannya" kata Kabag Administrasi Sumber Daya Alam Setda Kota Singkawang, Efi Megalazuarti.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Singkawang Yohanes A. Urip, mengatakan, terkait dengan program tersebut, telah diadakan rapat dengan berbagai SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang.

"Rapat itu bertujuan agar program yang akan dilaksanakan dapat memenuhi sasaran yang diinginkan beberapa waktu yang lalu," jelas Yohanes.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Singkawang ini menjelaskan sebelumnya gerakan penanaman pohon telah dilakukan, karena itu agar terus berkesinambungan dan lebih tepat sasaran perlu dikoordinasi dengan SKPD terkait.

Menyinggung jenis bibit maupun jumlah yang akan ditanam dalam program one man one tree secara gamblang dia menuturkan jenis tanaman yang akan ditanam beraneka ragam seperti bintangor, mahoni, akasia dan jenis lainnya. Sedangkan bibit berasal dari bantuan Pemerintah Propinsi Kalbar melalui Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai Kapuas.

Jumlah pohon yang akan ditanam sebanyak jumlah penduduk kota Singkawang lalu dia menganalogikan jika penduduk Singkawang sebanyak 192 ribu jiwa maka jumlah pohon yang ditanam sebanyak 192 ribu batang. Saat ini jumlah bibit yang ada sekitar 15 ribu batang pohon. Kekurangannya akan kita mintakan bantuan kepada Pemerintah Propinsi Kalbar.

Lokasi penanaman juga dijelaskannya direncanakan akan dilakukan di beberapa tempat. Walikota Singkawang secara simbolis akan melakukan penanaman pada tempat yang akan ditentukan kemudian. Tempat-tempat yang dilakukan penanaman pohon itu menurutnya adalah "Kecamatan Singkawang Selatan di Lirang, Kecamatan Singkawang Timur di Hangmuy dan Kecamatan Singkawang Utara di Semelagi.

No comments:

Post a Comment